BAB I
PENDAHULUAN
1.1. Latar Belakang
Masalah
Sumber daya computer yang digunakan sering kali
berhubungan langsung dengan sebuah jaringan. Tentunya kecepatan dan biaya
komunikasi dan prosesor computer dipengaruhi penggunaan sumber-sumber daya ini.
Harga yang terus mengalami penurunan, manajer cenderung menggunakan sumber daya
yang murah, sehingga penggunaan sumber daya computer dan komunikasi akan terus
berkembang.
Insentif untuk menghubungkan computer mikro melalui
jaringan berasal dari adanya keinginan untuk mendapatkan laba yang lebih
tinggi. Manajer yang dapat saling berbagi informasi berbasis computer, akan
menerima informasi dengan cepat dan mudah dalam pengambilan keputusan yang
lebih baik dari pada pesaingnya. Bisnis
tidak akan berjalan secara efektif tanpa mampu berbagi iformasi berbasis
computer yang dimilikinya, dan pembagian ini membutuhkan adanya jaringan.
Didalam bab ini terdapat penjelasan terjadinya
perubahan-perubahan standar, kecepatan, dan biaya pada presfektifnya. Dan hal
ini bukan hanya sejarah untuk menghadapi ujian, akan tetapi perlu
diketahuibahwa standar teknologi informasi selalu berubah, sehingga perusahaan
yang dapat melihat kemasa depan dan memanfaatkan perubahan adalah perusahaan
yang akan mampu tetap hidup dalam perekonomian dewasa ini.
1.2.
Rumusan Masalah
1.
apa saja komponen-komponen
Peranti keras dan alat-alat komputasi pribadi?
2.
Apa saja
macam-macam peranti lunak dan jenis-jenis jaringan komputasi?
3.
Bagaimana
konvergensi komputasi dan komunikasi?
BAB II
PEMBAHASAN
Sumber
daya komputer meliputi peranti keras dan peranti lunak serta file-file yang diakses melalui jaringan,
demikian sumber daya tersebut merupakan sebuah arsitektur komputer. Arsitektur
komputer adalah konsep perencanaan dan struktur pengoperasian dasar dari suatu
sistem komputer. Ada sejumlah tingkatan dalam konstruksi dan
organisasi sistem komputer. Perbedaan paling sederhana diantara tingkatan
tersebut adalah perbedaan antara hardware dan software.
Pada
tingkatan ini Hardware sebagai tingkatan komputer yang paling bawah dan paling
dasar, sedangkan software tersebut berada di atas hardware,
menggunakannya dan mengontrolnya. Hardarwe ini mendukung software dengan
memberikan atau menyediakan operasi yang diperlukan softwar.
PERANTI KERAS
Pengertian perangkat keras adalah salah satu komponen dari sebuah
komputer yang sifat alat nya bisa dilihat dan diraba oleh manusia secara
langsung atau yang berbentuk nyata, yang berfungsi untuk mendukung proses
komputerisasi. Perangkat keras ini merupakan arsitektur dasar yang meliputi
beberapa komponen yaitu prosesor, memori, kapasitas penyimpanan dan alat input
maupun output. Semua komputer untuk tujuan umum memiliki jenis-jenis komponen
yang sama, komputer yang lebih besar memiliki komponen yang lebih banyak dan
lebih cepat daripada komputer mikro.
Komputer-komputer besar yang menjalankan kebanyakan oprasi komputer
untuk sistem informasi tersentralisasi disebut dengan komputer mainframe. Mainframe mendukung ratusan
atau bahkan ribuan pengguna dan oprasi secara sekaligus. Adapun komputer mikro
atau dikenal dengan istilah personal
komputer, kekuatan komputer mikro telah berkembang dan tersambung dengan
komputer-komputer lain melalui internet. Komputer ini disebut PC karena masih
banyak digunakan oleh satu orang yang melakukan tugas-tugas komputasi dalam
jumlah yang terbatas.
Komponen-komponen utama komputer adalah sebagai berikut:
1.
Prosesor
Prosesor (yang disebut pula sebagai unit pemroses pusat atau central
processing unit-CPU)
adalah tempat di mana pemrosesan data dilakukan. Kecepatan prosesor dan ukuran word bersama-sama bergabung untuk
meningkatkan kekuatan komputasi. Kecepatan pada awalnya dinyatakan dalam
megahertz (MHz), yang berarti juga siklus per detik. Setiap siklus adalah suatu
peluang dilakukan aksi, seperti menambahakan dua angka. Ukuran word adalah hal yang penting, ia akan
menentukan berapa banyak karakter, dapat dipindahkan dalam satu siklus prosesor.
Word adalah ukuran dari beberapa
banyak bit yang dapat digerakan dengan satu siklus komputer, dan bit adalah nilai tunggal yang terdiri
atas nol atau satu.
Prosesor pertama disebut mesin “8-bit” karena data sebesar 8 bit akan
membentuk ukuran dari satu word, sehingga delapan bit akan membentuk satu bita.
Dan setiap bita dapat menyimpan satu karakter. Sebagai contoh, rangkaian 8-bit
“01000001” akan menyatakan huruf “A”. Tetapi kebanyakan komputer mikro dewasa
ini menggunakan ukuran word 32-bit.
Komputer mikro pertama hanya dapat memindahkan satu karakter dengan satu
siklus, sedangkan komputer sekarang dapat memindahkan empat karakter dengan
satu siklus dan akan terus berkembang lagi seiring pertumbuhan komputer.
Pertumbuhan
kekuatan komputer akan mempengaruhi kehidupan manusia. Seperti contoh kekuatan
komputer yang dibeli oleh perusahaan
anda dengan harga $1 juta ketika mulai bekerja, dan akan memilki harga kurang
dari $1 juta ketika anda pensiun. Hal ini menunjukan seiring dengan turunya
harga teknologi imformasi, para menajer akan menggunakan lebih banyak teknologi
imformasi dalam pengambilan keputusan.
2.
Memori
Memory, yang disebut juga ruang penyimpanan primer atau random access memory (RAM), mengacu
pada area penyimpanan yang terdapat pada papan sirkuit komputer. Memory adalah
barang yang rentan karena isinya akan hilang ketika daya komputer dimatikan. Memori
disebuah komputer sangatlah cepat dibandingkan dengan mengakses data disebuah
alat penyimpanan, seperti disket.
Jumlah memori dalam sebuah komputer mikro dapat memberikan dampak yang
signifikan pada persepsi pengguna kecepatan. Komputer mikro umumnya memiliki
memori sebesar 128 hingga 256 megabite, atau sekitar 256 juta bita.
3.
Ruang
penyimpanan
Ruang penyimpanan untuk komputer muncul dalam banyak bentuk media yang
berbeda, yang masing-masing memiliki karakteristik yang berbeda yang
menjadikannya lebih sesuai untuk tugas-tugas tertentu. Ruang penyimpanan dapat
berbentuk tetap atau dapat dilepas. Ruang penyimpanan tetap (fixed storage)
adalah ruang penyimpanan yang terpasang secara permanen di dalam komputer.
Contohnya hard drive, ruangnya
sebesar 80 GB, akan tetapi dapat membeli penyimpanan hingga 500 GB.
Ruang penyimpanan yang dapat dilepas
(Removable storage) adalah ruang penyimpanan yang dapat dilepas dari satu
komputer dan dipasang kembali kekomputer lain. Terdapat tiga jenis media yang
berkapasitas tinggi yang layak mendapat perhatian seperti , flas drive USB, compact disc (CD), dan digital versatile disc (DVD). Flas drive USB terpasang pada port USB
satandar, dan beberapa dapat menyimpan hingga 2 GB.
CD untuk komputer mikro pada awalnya menyimpan data yang hanya dapat
dibaca, dan tidak dapat ditulis diatasnya. Belakangan ini ada media yang
disebut dengan CD-R tetapi hanya dapat
direkam sekali dan hanya sekali itu saja. Sedangkan CD-RW dapat menerima
perekaman berulang kali, filenya dapat dibaca, dihapus, dan tambahkan pada
sebuah disk CD-RW. CD dapat menyimpan
data hingga 800 MB, dan kecepatan pemindahan data dari CD ke prosesor dapat
mencapai hampir 5 juta bit per detik. DVD dapat menyimpan 5 hingga 20 GB.
4.
Alat-alat
Input (Input Devices)
Alat input adalah suatu alat yang menangkap data oleh metode manual atau
merode elektronik dan mengirimkan data keruang penyimpanan atau memori. Komputer
tidak akan banyak berguna tanpa alat-alat input dan output. Operasi bisnis
membutuhkan sejumlah besar alat-alat input output, dan dikembangkan alat-alat
untuk memenuhi kebutuhan tersebut.
Ada dua data input yaitu pertama data
yang diterima dari manusia (human-captured
data) mengacu pada input yang
diisi oleh seseorang yang mengetik pada sebuah keyboard, menekan mouse, menyentuh
monitor, berbicara ke mikrofon, atau interaksi lain yang serupa. Terdapat dua
kendala bagi data yang diterima dari manusia. Pertama ,lambat. Kedua, biasanya
tidak dapat mencapai tingkat akurasi yang sangat tinggi seperti data yang
diterima dari mesin.
Kedua data yang diterima dari
mesin (machine-captured data) yaitu
data yang diterima oleh suatu alat elektronik atau mekanis. Seperti bar code pada setiap jenis produk yang
dijual. Data yang diterima dari mesin lebih baik daripada data yang diterima
dari manusia karena data dari komputer akan memasukan dengan data dan biaya
yang relatif rendah. Dalam bisnis membutuhkan data yang akurat dalam jumlah
yang besar untuk proses pengambilan keputusan. Sehingga alasan utamnya adalah
kecepatan dan keakuratan proses penerimaan data.
5. Alat-alat output (Output devices)
Alat output adalah suatu alat yang menyajikan dan atau mengirimkan data
dari komputer kepada pengguna. Dua alat output yang paling dikenal adalah layar
komputer, yang terkadang disebut monitor,
dan printer. Meskipun konsep “kantor tanpa kertas” telah mendapat banyak
perhatian, hasil output cetakan tetap merupakan fakta dari komputasi.
Perubahan-perubahan penting printer terjadi dalam bidang resolusi percetakan, kecepatan
pencetakan, dan warna. Printer umum dewasa ini menggunakan teknologi laser atau
tinta. Printer laser pada intinya sama seperti mesin fotokopi, sedangkan
printer tinta menyemprotkan tinta pada permukaan kertas.
6. Multimedia
Evolusi utama alat
input dan output adalah menuju ke arah multimedia, penggunaan lebih dari satu
media pada saat yang sama. Multimedia adalah penggunaan komputer untuk
menyajikan, menggabungkan teks, suara, gambar, animasi dan vidio dengan alat
bantu dan koneksi sehingga pengguna dapat melakukan navigasi, berinteraksi,
berkarya dan berkomunikasi. Sebagai contoh, informasi dalam bentuk teks dapat
diproyeksikan kelayar komputer dengan disertai oleh suatu gambar atau video.
Sebagaian besar pengguna komputer dewasa
ini tidak akan mendapat akses atas sistem imformasi komputer jika tidak
tersedia multimedia.
ALAT-ALAT KOMPUTASI PRIBADI
Komputasi pribadi telah
lama dihubung-hubungkan dengan komputer mikro. Bahkan,komputer mikro pada
awalnya disebut komputer pribadi
(personal computer). Komputer mikro saat muncul pertama kali bukan
tergabung dalam suatu jaringan, dimana pengguna hanya menggunakan sumber daya
ini hanya untuk keperluan komputasi pribadi. Kini masing-masing pengguna sebuah
komputer mikro dapat berbagi file, dan sumber lainnya ketika terhubung oleh
suatu jaringan. Alat-alat komputasi pribadi sebagai berikut:
Telepon Seluler dengan Pesan dan Video Interaktif
Perusahaan-perusahaan
pembuat telepon seluler populer (Samsung, Nokia, Ericsson dan lain-lain) telah
membuat telepon yang menampilkan pesan tulisan dan gambar-gambar berukuran
kecil di layar tampilannya. Beberapa telepon seluler dapat menyimpan
video-video pendek. Telpon seluler memiliki fitur-fitur lain yang membantu
fungsi-fungsi bisnis. Seperti adanya daftar kontak yang ada dalam telpon
selular yang tidak hanya mencantumkan nomor, tetapi nama, alamat, alamat e-mail, catatan dan lebih banyak lagi.
Agenda dan alrm adalah
dua fitur yang membantu tujuan bisnis. Manajer dan profesional menghadiri
banyak rapat, dan alarm telpon seluler bekerja seperti sebuah jam alarm yang
berdering pada waktu yang telah ditentukan.
Telepon Seluler Cerdas
Telepon seluler
dianggap sebagai telepon cerdas (smart
phone) ketika menjalankan pekerjaan-pekerjaan yang biasanya dihubungkan
dengan komputer mikro. Treo sebagai smart phone adalah bahwa ia dapat mensikronisasikan
seluruh informasinya (agenda,nomor telepon,danbanyak lagi )dengan sebuah
komputer mikro. Banyak model Tero maupun BlackBerry menggunakan protokol
telepon seluler digital GSM (Global
System of Mobile Communication). GSM adalah sebuah teknologi komunikasi
selular yang bersifat digital yang banyak digunakan pada mobile komonication.
GSM protokol yang paling banyak digunakan di Eropa, Asia, Afrika, dan
Australia. Penggunaanya di Amerika Serikat dimulai pada tahun 2002, dan mulai
menjadi standar di negara tersebut.
Jaringan Rumah
Jaringan komputer rumah
telah sama populernya seperti perusahaan TV kabel dan perusahaan telepon yang
memasarkan modem untuk koneksi Internet “broadband.”
Jika anda memiliki TV kabel, Anda mungkin dapat membeli sebuah modem kabel sehingga Anda dapat
mengakses Internet melalui kabel yang membawa sinyal TV kerumah Anda. Perusahaan telepon menjual modem DSL (digital subscriber line). Baik modem kabel maupun DSL
dapat membawa akses Internet berkeceparan tinggi ke rumah Anda.
Pemasangan modem
dirumah yang memiliki lebih dari satu komputer mikro memiliki gerbang
berkecepatan tinggi keinternet melalui modem kabel dan DSL. Cara membagi
koneksi untuk beberapa komputer yaitu dengan menggunakan sebuah router nirkabel. Modem akan tersambung
ke router, dan router akan tersambung kekomputer melalui sebuah jaringan
nirkabel.
Keamanan nirkabel harus
memiliki jarak sekitar 100 meter didalam sebuah bangunan, karena adanya dinding
dan halangan-halangan lainnya. Jarak diluar ruangan kurang lebih tiga kali
lebih jauh. Ini artinya bahwa pengguna-pengguna lain dengan kartu jaringan
nirkabel akan dapat terhubung kerouter jaringan nirkabel anda jika mereka
tinggal atau bekerja dekat dengan anda. Sehingga ketika memasang router,
kemungkinan seseorang akan memasang sandi untuk membatasi jaringan nirkabelnya.
Fitur lain yang perlu
dinyalakan adalah enkripsi data yang dikirimkan diantara komputer mikro dan
router nirkabel. Enkripsi adalah proses mengamankan suatu informasi dengan
membuat informasi tersebut tidak dapat diabaca tanpa bantuan khusus. Data yang
telah terenkripsi akan ditulis dalam kode sandi sedemikian rupa, sehingga kecil
kemungkinan seseorang akan dapat membaca imformasi yang dikirimkan melalui
jaringan nirkabel.
Keamanan Komputasi Rumah
Tiga aspek keamanan
memiliki arti yang penting bagi komputer mikro yang digunakan dirumah dan
ditempat kerja, yaitu:
a. Pembaruan
Terdapat dua jenis perbaruan (update),
yang penting bagi pengguna individu. Yaitu update untuk sistem oprasi dan
untuk peranti lunak aplikasi. Microsoft Windows adalah sistem oprasi yang paling
populer bagi komputer mikro. Meng-update sistem
oprasi penting bagi keamanan dan efisiensi. Aplikasi peranti luank menambahkan
fitur-fitur baru, jika tidak meng-update mungkin
tidak dapat mempergunakannya sama sekali. Karena sistem oprasi adalah program-program
komputer yang mengendalikan sumber daya peranti keras dan peranti lunak, para
hacker mencoba terus menerus untuk menipu dan memasukan peranti lunak yang
berbahaya kedalam komputer. Sehingga lakukanlah update sistem oprasi yang digunakan.
b. Virus
Virus komputer adalah program-program komputer kecil yang menggandakan diri
dengan memasukan diri mereka ke dalam sumber daya komputer seperti program atau
file. Lama-kelamaan virus dapat
mengambil alih sumber daya komputer karena begitu banyak program dan file yang
terinfeksi dan tidak dapat dipergunakan kembali.
Worm adalah file atau program yang berdiri sendiri. Pada umumnya worm ini
dianggap sebagai virus, namun perbedaannya worm tidak tidak menempelkan diri
pada program atau file untuk menggandakan diri atau merusaknya. Worm dapat
menghapus file, mengirim e-mail dan
menimbulakan masalah dengan berbagai cara. Virus ataupun worm disebarkan
melalui jaringan.
Untuk menghindari hal ini yaitu dengan cara meng-install peranti lunak antivirus. Karena update peranti lunak antivirus secara rutin sama halnya seperti
meng-update peranti lunak sistem
oprasi.
c. Spyware
Adalah sebuah program komputer kecil yang mengawasi apa yang sedang
dikerjakan dengan sumber daya komputer. beberapa spyware membajak browser web
anda dengan membawa anda ke satu situs web tertentu setiap kali anda memasukan satu kalimat untuk
mencari di web. Untuk mengetahui suatu komputer terdapat spyware atau tidaknya
dengan men-download antispyware dan memeriksa komputer anda.
PERANTI LUNAK
Software atau perangkat
lunak, adalah program komputer yang berfungsi sebagai sarana interaksi
(penghubung) antara pengguna (user) dan perangkat keras (hardware). Terdapat dua jenis dasar peranti lunak: peranti lunak sistem dan aplikasi. Peranti lunak sistem
dibutuhkan untuk menggunakan komputer,sedangkan peranti lunak aplikasi
memproses data pengguna. Peranti lunak aplikasi dapat diperoleh dalam bentuk
siap pakai atau dibuat sesuai pesanan untuk pengguna tertentu.
Peranti Lunak Sistem
Peranti lunak sistem (sistem software) atau yang disebut juga peranti lunak sistem operasi, menjalankan
tugas-tugas mendasar yang dibutuhkan oleh seluruh pengguna dari satu komputer
tertentu. Sistem operasi mengelola proses-proses komputer, dan berfungsi sebagai
suatu antarmuka yang menghubungkan pengguna, peranti lunak aplikasi, dan
peranti keras.
Contoh-contoh
sistem operasi untuk komputer mikro adalah Windows XP dan Mac OS X. Sistem
operasi untuk komputer-komputer yang lebih kecil biasanya berjalan pada lebih
dari satu prosesor pabrikan, sedangkan sistem operasi untuk komputer-komputer
mainframe besar, seperti OS/390 IBM, merupakan hak milik dan tidak dibagi
dengan pembuat-pembuat komputer yang lain. UNIX adalah suatu sistem operasi
yang tidak biasa dimana versi-versinya dapat dijalankan pada komputer mikro
maupun mainframe. UNIX adalah sebuah freeware, setiap orang dapat secara gratis
mempergunakan dan mengubahnya untuk memenuhi kebutuhan mereka masing-masing.
UNIX juga memiliki versi yang menjadi hak milik (atau vendor akan
mengenakan biaya untuk penggunaan atau pembelian sistem operasi tersebut).
Vendor menjadikan versi UNIX mereka menjadi hak milik dengan menambahkan
fitur-fitur pada sistem operasi yang memperluas fitur-fitur standar versi UNIX
yang gratis. Vendor-vendor ini masih mendistribusikan versi-versi gratis UNIX
(yang kadang disebut versi “terbuka”) namun mereka juga secara agresif
memasarkan versi-versi milik mereka di mana mereka dapat menjualnya kepada
konsumen.
Semua
komputer memiliki sistem operasi, namun sistem-sistem tersebut bervariasi dalam
sejumlah fungsi dasar dan dalam bagaimana fungsi-fungsi tersebut dijalankan.
Sistem operasi sebuah mainframe jauh lebih rumit daripada sistem operasi
komputer mikro dengan pengguna tunggal, karena mainframe harus melakukan
koordinasi dengan banyak alat-alat input dan output, juga menangani beberapa
pengguna sekaligus.
Peranti Lunak Aplikasi
Ada beberapa macam
peranti lunak aplikasi yaitu:
1. Peranti lunak siap
pakai (prewritten application software),
atau kadang-kadang disebut peranti lunak
off-the-shelf, diproduksi oleh pemasok dan di jual kepada pengguna.
Pengguna hanya perlu menginstall peranti lunak di peranti keras mereka, dengan
sedikit atau tanpa modifikasi, agar dapat dipergunakannya. Peranti lunak siap
pakai memiliki dua keuntungan penting :
• Peranti lunak siap
pakai telah langsung tersedia. Bisnis tidak harus menunggu programmer
mengembangkannya selama tiga minggu atau enam bulan.
•
Peranti lunak siap pakai lebih mudah dari pada peranti lunak khusus.
Pengguna akhir membuat peranti lunak aplikasi dalam jumlah signifikan
yang dapat mereka pergunakan dalam tugas-tugas pekerjaan.
Seluruh bisnis tahu bahwa pengembangan produk
memiliki biaya tetap dan juga biaya variabel. Karena biaya tetap pengembangan
begitu tinggi bagi kebanyakan peranti lunak aplikasi, dibandingkan dengan biaya
variabel dalam memasarkan dan mendistribusikannya, biaya akhir bagi bisnis
karena mempergunakan peranti lunak siap pakai menjadi tidak begitu besar,
karena biaya pengembangan akan disebat di antara banyak pengguna. Peranti lunak
aplikasi siap pakai sangat menarik bagi bisnis-bisnis lebih kecil yang memiliki
jumlah karyawan yang terbatas untuk menulis program-program komputer.
2. Peranti lunak
aplikasi khusus (custom aplications
software). Terkadang sebuah organisasi memiliki oprasi yang unik. Dalam
kasus-kasus seperti ini, bisnis mungkin memiliki programer atau sekelompok
programer konsultannya sendiri yang menulis peranti lunak untuk memenuhi
kebutuhannya. Peranti lunak seperti ini disebut dengan peranti lunak aplikasi
khusus.
3. peranti lunak yang
ditulis oleh pengguna. Pengguna akhir membuat peranti lunak aplikasi dalam
penjumlahan signifikan yang dapat mereka pergunakan dalam tugas-tugas
pekerjaannya. Faktor-faktor yang membuat para pengguna akhir membuat aplikasi
mereka sendiri adalah kecepatan kapan aplikasi tersebut dibutuhkan.
Peranan Peranti Lunak yang Mudah Digunakan Pengguna
Peranti lunak komputer
yang sederhana dan penggunaannya intuitif sering kali di katakan mudah
digunakan pengguna (user-friendly).
Istilah ini mungkin dapat memiliki suatu konotasi negatif di mana secara tidak
langsung dapat diartikan bahwa aplikasi ini telah dibuat dengan begitu
sederhana sehingga semua orang dapat mempergunakannya.
Karakteristik aplikasi
yang mudah digunakan adalah sebagai berikut:
·
Dialog yang dipandu untuk mengarahkan pengguna sehubungan dengan data apa
yang dibutuhkan, format data yang diminta, dan masalah-masalah lainnya yang
serupa
·
Menu, daftar perintahdengan langkah-langkah yang ditampilkan kebawah, dan
icon: banyak cara untuk menyelesaikan tugas yang sama memberikan panduan kepada
pengguna yang masih awam sekaligus pada waktu yang bersamaan memungkinkan lebih
banyak pengguna yang mahir mengambil jalan singkat untuk menyelesaikan tugas
·
Pola dan formulir-formulir isian
·
Bantuan yang sensitif pada konteks. Informasi yang membantu hendaknya
diberikan pada titik tertentu di mana pengguna mengalami kesulitan, yang
membutuhkan program komputer untuk tetap melacak pada bagian aplikasi sebelah
mana permintaan spesifik pengguna berasal
·
Antarmuka berbentuk grafis dengan cara menggunakan simbol-simbol
terstandardisasi; pengguna hendaknya tidak diharapkan untuk mempelajari icon-icon baru ketika setiap aplikasi
ditulis. Harus terdapat standarisasi dalam arti dan penggunaan icon serta lokasinya pada antarmuka diantara
berbagai jenis aplikasi.
KOMUNIKASI
Kecepatan transmisi
dapat antarkomputer yang berlangsung melalui sistem telepon publik sering kali
lebih lambat dari pada ketika komputer tersambung melalui jaringannya sendiri.
Alasannya adalah karena protokol untuk komunikasi sistem telepon publik
dirancang untuk komunikasi suara dan kualitas serta kecepatan saluran
komunikasi ini tidak harus tinggi. Protokol adalah spesifikasi dalam
pemformatan data yang akan ditransfer di antara peralata komunikasi.
Koneksi Publik
Seseorang yang
menggunakan sistem telepon tetap dapat memahami komunikasi. Protokol-protokol
untuk sistem telepon publik dirancang untuk memenuhi kriteria minimum transmisi
suara—transmisi analog bermutu rendah—dan kualitas yang dibutuhkan untuk
komunikasi data secara signifikan lebih rendah dari pada yang dibutuhkan untuk
transmisi data komputer. macam-macam koneksi sebagai berikut:
Modem telepon menghubungkan sekitar setengah komputer rumah ke internet pada kecepatan
56 Kbps (56.000), alat untuk menghubungkan komputer melalui saluran telpon
standar.
Modem kabel memilki kecepatan 2 Mbs, yang merupakan alat yang menghubungkan ke kabel coaxial
yang diberikan oleh penyedia layanan TV kabel kesebuah komputer untuk
mendapatkan akses internet.kecepatan modem ini sangat bervariasi dengan
kecepatan 2Mbps sebagai kecepatan yang sering kali dipublikasikan dalam
iklan-iklan penyedia TV kabel.
Jaringan layanan
digital terintegrasi (Integrated Services Digital Network), sebuah koneksi dengan
menggunakan saluran telpon standar sebagai saluran terpisah yang masing-masing
berkomunikasi pada kecepatan saluran-saluran ini digabungkan sehingga gabungan
dasar “dasar” dari dua saluran akan menghasilkan kecepatan komunikasi sebesar
128 Kbps. Gabungan yang paling sering adalah 23 saluran, yang menghasilkan
kecepatan komunikasi sebesar 1.5 Mbps.
Saluran berlangganan
digital (Digital Subcriber Line), memiliki kecepatan 32 Mbps hal ini
merupakan teknologi yang serupa dengan ISDN tetapi lebih canggih dalam
mengambil kuntungan dari kemampuan kecepatan berkomunikasi saluran telepon.
Saluran Pribadi
Saluran pribadi (private line) adalah suatu sirkuit yang selalu terbuka untuk lalu lintas komunikasi
Anda. Saluran pribadi yang ditunjukan untuk Anda digunakan disediakan oleh
penyedia layanan yang umum, yaitu perusahaan telepon. Terdapat dua jenis
saluran pribadi yang populer yaitu saluran T-1 dan T-3. Yang masing-masing
memiliki kecepatan tranmisi maksimum sedikit di atas 1,5 Mbps, dan dapat
mentranfer data dengan kecepatan 43
Mbps.
Saluran T-1 dan T-3 keduannya
merupakan kumpulan dari koneksi 64 Kbps diantara dua peralatan komunikasi
telepon. Karena keduanya merupakan kumpulan dari koneksi tersebut maka
salurannya dapat dikomplekskan. Jadi mereka dapat dipecah menjadi jalur-jalur
komunikasi yang terpisah. Saluran T-1 sering digunakan oleh organisasi bisnis
dengan lalu lintas komunikasi data yang tinggi, sedangkan saluran T-3 biasanya
digunakan untuk para penyedia layanan.
Jaringan Pribadi Maya (Virtual Private Networks)
Saluran pribadi mahal
biayanya, paling tidak jika dibandingkan dengan koneksi Internet. Saluran
pribadi lebih aman, karena data organisasi Anda adalah satu-satunya data yang berada
pada saluran komunikasi. Untuk menikmati keamanan dan kecepatan saluran pribadi
namun tetap dapat menggunakan jaringan internet yang berbiaya rendah yaitu
dengan VPN. Jaringan Pribadi Maya (Virtual
Private Networks—VPN) untuk mengimplementasikanya, organisasi perlu
mengadakan kontrak dengan penyediaan layanan Internet yang menggunakan peranti lunak tunneling. Microsoft dan Cisco Syistem,
sebagai dua vendor utama peranti keras komunikasi dan peranti lunak-peranti
lunak terkait mendukung peranti lunak tunneling.
Komunikasi-Jaringan
Peranti lunak tunneling
hanya mnciptakan seperangkat lokasi-lokasi perantara peralatan telepon yang
akan mnyelenggarakan transfer komunikasi data tertentu. Privasi tetap dijaga
karena tunnel tersebut tidak dibuat
kecuali jika komputer pengirim dan penerima saling mengonfirmasikan kebenaran
masing-masing.
International organization for standardization didirikan pada tahun 1946; organisasi ini menciptakan arsitekture standar Interkoneksi Sistem Terbuka (Open Systems Interconnection—OSI) bagi koneksi-koneksi jaringan. OSI
terdiri atas tujuh model lapisan yang ditampilkan dalam tabel dibawah ini:
LAPISAN
|
NAMA LAPISAN
|
TUJUAN
|
7
|
Lapisan Aplikasi
|
Melaksanakan komunikasi aplikasi ke aplikasi
|
6
|
Lapisan Presentasi
|
Mengelola konversi penyajian data
|
5
|
Lapisan Sesi
|
Membuat dan memlihara saluran komunikasi
|
4
|
Lapisan transfor
|
Menjamin integritas pengiriman data dari ujung ke
ujung
|
3
|
Lapisan jaringan
|
Mengedarkan data dari satu alamat jaringan ke alamat
jaringan yang lain
|
2
|
Lapisan link data
|
Memindahkan data dari satu alamat jaringan ke alamat
jaringan yang lain
|
1
|
Lapisan fisik
|
Menyimpan dan mengambil data dari media jaringan
|
Selain standar bagi arsitektur
jaringan, dibutuhkan pula suatu protokol.
Protokol untuk Komunikasi Komputer
Komputer pada awalnya tidak
dirancang untuk berbagi data dengan
komputer lain, dan hanya dengan terminal-terminal. Terminal adalah suatu alat
yang tidak memilki ruang penyimpanan atau prosesor, terminal hanya menyediakan
alat memasukan dan menampilkan data bagi komputer. IBM menyadari keterbatasan komunikasi ini sebagai suatu masalah, khususnya
karena perusahaan tersebut ingin menjual beberapa komputer kepada satu
perusahaan. Sebagai tanggapan atas keterbatasan komunikasi ini, IBM dan
perusahaan-perusahaan lain mulai mengembangkan protokol komunikasi.
IBM menciptakan System Network Architecture sebagai satu protokol miliknya pada
tahun 1974. Protokol ini dirancang untuk komputer-komputer besar, bukan
komputer mikro. IBM juga menyadari bahwa tidak semua pelanggannya mampu atau ingin mengeluarkan biaya tambahan untuk
mengendalikan peranti keras. Kemudian perusahaan mulai mengembangkan protokol
miliknya yang tidak mengandalkan diri pada satu komputer induk untuk
mengendalikan komunikasi kekomputer-komputer lain, melainkan yang akan
memperlakukan komputer lain sebagai sesama (peer).
Protokol peer to peer memungkinkan setiap komputer untuk bertindak sebagai
pengendali dirinya sendiri. IBM menamakan protokol ini lingkaran tanda (token ring), karena satu tanda token logis akan
diedarkan diantara sesama komputer. komputer yang memegang token adalah komputer
yang diperbolehkan untuk mengendalikan komunikasi.
Xerox mengembangkan satu arsitektur
komunikasi peer-to-peer yang berbeda pada awal tahun 1970-an, dan
dengan bekerja sama dengan intel dan digital equipment corporation,
mengeluarkan Ethernet. Ethernet adalah suatu protokol terbuka bagi kiomunikasi peer-to-peer. Berbeda denga token ring
milik IBM, Ethernet bekerja dijalur tranmisi tunggal, tidak ada token yang
diedarkan untuk menentukan komputer mana yang mengendalikan media komunikasi.
Paket
Paket data adalah satu
bagian dari data total yang akan dikomunikasikan, digabungkan dengan alamat
komputer yang dituju, komputer pengiriman,dan informasi kendali lainnya. Salah satu protokol penggantian paket yang lebih penting adalah transmision
control protokol.
Alamat Jaringan
Internet
Untuk menjalankan paket-paket
melalui jaringan, setiap komputer yang menangani paket data harus memiliki
suatu alamat yang unik. ketika menjalankan paket-paket di Internet maka akan
dipergunakan alamat IP. Alamat IP adalah empat bagian kumpulan angka (yang masing-masing antara
0 hingga 255), yang dipisahkan oleh titik. Bagian-bagian alamat tersebut akan
menunjukkan jaringan, host, subjaringan,
dan komputer yang sedang dituju, sebagai contoh, alamat IP untuk University of
North Carolina di Wilmington adalah 152.20.9.40.
JENIS-JENIS
JARINGAN
Meskipun banyak pengguna merasakan
sepertinya hanya terdapat satu jaringan, yaitu Internet, terdapat beberapa
jenis jaringan yang membangun blok-blok yang bergabung dan memungkinkan
terjadinya Internet. Internet itu sendiri hanyalah satu jaringan dari
jaringan-jaringan lain.
Memahami bermacam-macam jenis jaringan merupakan hal penting,
karena masing-masing dapat memainkan peranan yang berbeda dalam strategi
komunikasi perusahaan. Bermacam-macam jenis jaringan secara efektif dapat
membagi-bagi komunikasi. Sebagai analoginya adalah tata ruang gedung yang di
tempati oleh sebuah perusahaan.
Untuk dapat
dimasukkan ke dalam suatu jaringan, setiap peralatan-setiap komputer, printer,
atau alat-alat lain yang serupa harus terpasang pada media komunikasi melalui
kartu antarmuka jaringan. Kartu
antarmuka jaringan atau network
interface card (NIC) bertindak sebagai suatu perantara diantara data
yang bergerak menuju dan dari komputer atau peralatan lain dan jaringan.
Jaringan
Area Lokal (Local Area Networks)
Jaringan Area Lokal atau Local Area Networks (LAN) adalah
sekelompok komputer dan alat-alat lainnya (seperti printer) yang terkoneksi
oleh suatu media yang sama. Media ini biasanya berupa kabel tembaga, namun
dapat berupa nirkabel, serat optik, atau media-media lainnya. LAN biasanya
menggabungkan komputer-komputer yang secara fisik berdekatan, seperti berada di
ruangan atau gedung yang sama. Hanya komputer dan alat-alat lain dalam jumlah
yang terbatas yang dapat terhubung ke satu LAN.
Sebagai aturan
umum, LAN mencakup jarak total sebesar kurang dari satu setengah mil, dengan
jarak diantara kedua alat tidak lebih dari 60 kaki. Jarak ini hanya merupakan
panduan, karena spesifikasi yang dikarenakan oleh jenis media komunikasi, NIC
yang digunakan, dan peranti lunak LAN akan menentukan jarak nyata yang
dibutuhkan. Kecepatan data transmisi saat ini di dalam LAN biasanya berjalan
dari 10 juta hingga 1.000 juta bit per detik (10 Mbps hingga 1 Gigabit per
detik). LAN hanya menggunakan media jaringan pribadi: LAN tidak memindahkan
data melalui sistem telepon publik.
Peranti
keras jaringan komunikasi
NAMA
|
URAIAN
|
HUB
|
Alat yang menerima paket data dari sebuah komputerpada satu ujung
jari-jari top[ologi bintang dan menyalin isinya kepada seluruh alat yang lain.
|
REUTER
|
Alat yang menghubungkan LAN. Router tidak hanya memancarkan kembali
data tetapi juga mengolah informasi pengendali yang dimuat dalam paket-paket
komunikasoi agar menentukan LAN mana yang akan menerima data.
|
SWITCH
|
Switch menyaring data dari satu jalur jaringan ketika jalur tersebut
tidak akan berisi computer yang dituju. Sebagai hasil dari penyaringan akan
menghilangkan lalu lintas data yang tidak perlu untuk menjadikan komunikasi
lebih efisien.
|
Jaringan
Area Metropolitan dan Jaringan Area Luas
Jaringan Area Metropolitan atau metropolitan area network (MAN)
adalah suatu jaringan yang memiliki batas jarak fisik sebesar kurang lebih
30mil. Jarak yang di jangkau ini membedakan MAN dari LAN. Secara konsep, MAN
mungkin merupakan jaringan yang menghubungkan seluruh suite di dalan gedung (
seluruh departemen). Menghubungkan beberapa gedung dari satu organisasi
bersama, seperti bangunan-bangunan dalam kampus sebuah universitas, adalah
aplikasi umum dari MAN.
Jaringan
area luas atau wide area network
(WAN)
Digunakan untuk menghubungkan komputer-komputer dan alat-alat
lainnya ketika jaraknya melebihi batasan LAN dan MAN. WAN menggunakan satu
carrier umum, sistem telepon publik. Dengan koneksi Internet yang semakin
meluas, minat akan WAN pun menurun. Untuk tujuan kepraktisan, WAN telah
digantikan oleh Internet.
Internet
Internet telah memberikan dampak yang jauh lebih besar pada komunikasi
berbasis komputer dari pada perkembangan yang lain, dan ia juga telah
memunculkan aplikasi-aplikasi khusus lainnya seperti intranet dan ekstranet.
Sederhananya, internet hanyalah sekumpulan jaringan yang dapat disatukan
bersama. Jika memiliki satu LAN dinsatu suit kantor dan LAN disuit kantor
lainnya , ana dapat menggabungkan keduannya, sehingga mencipatkan suatu internet.
Intranet
Organisasi dapat membatasi akses kejarinagn mereka hanya kepada
anggota-angota organisasi dengan menggunakan intranet. Intranet menggunakan
protokol jaringan yang sama dengan internet. Namun membatasi akese kesumber
daya komputer hanya pada sekelompok orang terpilih didalam organisasi.
Ekstranet
Beberapa pengguna dalam suatu jaringan yang memilki otorisasi bisa
jadi berada diluar batas perusahaan. Koneksi kepengguna di luar perusahaan
kemungkinan besar akan dapat dilakukan melalui internet. Ketika intranet
diperluas untuk mencakup pengguna-pengguna diluar perusahaa, maka disebut
sebagai ektranet.
KONVERGENSI KOMPUTASI DAN KOMUNIKASI
Alat-alat komputasi dan
alat-alat komunikasi kini saling menyertakan fitur-fitur yang dimiliki diantara
keduanya. Kemungkinan-kemungkinan yang ada dibatasi oleh usia baterai,
kecepatan komunikasi, dan keamanan, ukuran tampilan dan keyboard, serta imajinasi pengguna. Semua komputasi akan dikerjakan
oleh prosesor komputer yang ter dapat di dalam telepon Anda
Voic over
internet protocol adalah perlewatan komunikasi suara melalui
internet laksana komunikasi digital. Setiap sinyal suara yang dapat
digitalisasi dan dikirimkan melalui internet dan dimaiknkan kembali pada
pengeras suara.
BAB III
PENUTUP
Kesimpulan
Komponen
perangkat keras computer terdiri dari prosesor, memori, ruang penyimpanan alat
input, alat outputdan alat input/output. Alat-alat komputasi pribadi adalah
telpon selular dengan pesan video interaktif, telpon selular cerdas, jaringan
rumah,
Perangkat
lunak terdiri dari peranti lunak sitem dan peranti lunak aplikasi, yang terbagi
menjadi bebrapa bagian yaitu siap pakai, khusu dan ditulis oleh pengguna.
Jenis-jenis jaringan komputasi Lokal Area Network, Metropolitan Area Network,
dan Wide area network.
Dengan adanya sumber komputasi maka
komunikasi pun berjalan. Dengan adanya jaringan-jaringan para manajer dapat
mengunakan waktunya secara efektif dan efisien khususnya dalam pengambilan
keputusan yang akurat dan tepat. Komunikasi membutuhkan standar karena berbagai
perusahaan peranti keras komputerdan telepon harus mempunyai penyajian data
yang sama dan dapat dipahami disepanjak pergerakan media komunikasi. Untuk
mencapai komunikasi yang baiok maka dari sumber komputasi harus memilki
alat-alat yang cepat, dan aman.
DAFTAR PUSTAKA
BUKU SIM RAYMOND DAN GEORGE
HEHE
semgt..
BalasHapushhhhhmmmmmmmm
BalasHapusdah jadi programmer kya.a nh,,,,,,
ane kalah,,,,,, hahahhahhah
thanks share nyo...