Jumat, 25 Oktober 2013

MAKALAH SUMBER KOMPUTASI DAN KOMUNIKASI


BAB I
PENDAHULUAN
1.1.  Latar Belakang Masalah
Sumber daya computer yang digunakan sering kali berhubungan langsung dengan sebuah jaringan. Tentunya kecepatan dan biaya komunikasi dan prosesor computer dipengaruhi penggunaan sumber-sumber daya ini. Harga yang terus mengalami penurunan, manajer cenderung menggunakan sumber daya yang murah, sehingga penggunaan sumber daya computer dan komunikasi akan terus berkembang.
Insentif untuk menghubungkan computer mikro melalui jaringan berasal dari adanya keinginan untuk mendapatkan laba yang lebih tinggi. Manajer yang dapat saling berbagi informasi berbasis computer, akan menerima informasi dengan cepat dan mudah dalam pengambilan keputusan yang lebih baik dari pada pesaingnya. Bisnis  tidak akan berjalan secara efektif tanpa mampu berbagi iformasi berbasis computer yang dimilikinya, dan pembagian ini membutuhkan adanya jaringan.
Didalam bab ini terdapat penjelasan terjadinya perubahan-perubahan standar, kecepatan, dan biaya pada presfektifnya. Dan hal ini bukan hanya sejarah untuk menghadapi ujian, akan tetapi perlu diketahuibahwa standar teknologi informasi selalu berubah, sehingga perusahaan yang dapat melihat kemasa depan dan memanfaatkan perubahan adalah perusahaan yang akan mampu tetap hidup dalam perekonomian dewasa ini.
1.2.  Rumusan Masalah
1.      apa saja komponen-komponen Peranti keras dan alat-alat komputasi pribadi?
2.      Apa saja macam-macam peranti lunak dan jenis-jenis jaringan komputasi?
3.      Bagaimana konvergensi komputasi dan komunikasi?



BAB II
PEMBAHASAN
Sumber daya komputer meliputi peranti keras dan peranti lunak serta file-file yang diakses melalui jaringan, demikian sumber daya tersebut merupakan sebuah arsitektur komputer. Arsitektur komputer adalah konsep perencanaan dan struktur pengoperasian dasar dari suatu sistem komputer. Ada sejumlah tingkatan dalam konstruksi dan organisasi sistem komputer. Perbedaan paling sederhana diantara tingkatan tersebut adalah perbedaan antara hardware dan software.
Pada tingkatan ini Hardware sebagai tingkatan komputer yang paling bawah dan paling dasar, sedangkan software tersebut berada di atas hardware, menggunakannya dan mengontrolnya. Hardarwe ini mendukung software dengan memberikan atau menyediakan operasi yang diperlukan softwar.
PERANTI KERAS
Pengertian perangkat keras adalah salah satu komponen dari sebuah komputer yang sifat alat nya bisa dilihat dan diraba oleh manusia secara langsung atau yang berbentuk nyata, yang berfungsi untuk mendukung proses komputerisasi. Perangkat keras ini merupakan arsitektur dasar yang meliputi beberapa komponen yaitu prosesor, memori, kapasitas penyimpanan dan alat input maupun output. Semua komputer untuk tujuan umum memiliki jenis-jenis komponen yang sama, komputer yang lebih besar memiliki komponen yang lebih banyak dan lebih cepat daripada komputer mikro.
Komputer-komputer besar yang menjalankan kebanyakan oprasi komputer untuk sistem informasi tersentralisasi disebut dengan komputer mainframe. Mainframe mendukung ratusan atau bahkan ribuan pengguna dan oprasi secara sekaligus. Adapun komputer mikro atau dikenal dengan istilah personal komputer, kekuatan komputer mikro telah berkembang dan tersambung dengan komputer-komputer lain melalui internet. Komputer ini disebut PC karena masih banyak digunakan oleh satu orang yang melakukan tugas-tugas komputasi dalam jumlah yang terbatas.
Komponen-komponen utama komputer adalah sebagai berikut:
1.      Prosesor
Prosesor (yang disebut pula sebagai unit pemroses pusat atau central processing unit-CPU) adalah tempat di mana pemrosesan data dilakukan. Kecepatan prosesor dan ukuran word bersama-sama bergabung untuk meningkatkan kekuatan komputasi. Kecepatan pada awalnya dinyatakan dalam megahertz (MHz), yang berarti juga siklus per detik. Setiap siklus adalah suatu peluang dilakukan aksi, seperti menambahakan dua angka. Ukuran word adalah hal yang penting, ia akan menentukan berapa banyak karakter, dapat dipindahkan dalam satu siklus prosesor. Word adalah ukuran dari beberapa banyak bit yang dapat digerakan dengan satu siklus komputer, dan bit adalah nilai tunggal yang terdiri atas nol atau satu.
Prosesor pertama disebut mesin “8-bit” karena data sebesar 8 bit akan membentuk ukuran dari satu word, sehingga delapan bit akan membentuk satu bita. Dan setiap bita dapat menyimpan satu karakter. Sebagai contoh, rangkaian 8-bit “01000001” akan menyatakan huruf “A”. Tetapi kebanyakan komputer mikro dewasa ini menggunakan ukuran word 32-bit. Komputer mikro pertama hanya dapat memindahkan satu karakter dengan satu siklus, sedangkan komputer sekarang dapat memindahkan empat karakter dengan satu siklus dan akan terus berkembang lagi seiring pertumbuhan komputer.
Pertumbuhan kekuatan komputer akan mempengaruhi kehidupan manusia. Seperti contoh kekuatan komputer  yang dibeli oleh perusahaan anda dengan harga $1 juta ketika mulai bekerja, dan akan memilki harga kurang dari $1 juta ketika anda pensiun. Hal ini menunjukan seiring dengan turunya harga teknologi imformasi, para menajer akan menggunakan lebih banyak teknologi imformasi dalam pengambilan keputusan.
2.      Memori
Memory, yang disebut juga ruang penyimpanan primer atau random access memory (RAM), mengacu pada area penyimpanan yang terdapat pada papan sirkuit komputer. Memory adalah barang yang rentan karena isinya akan hilang ketika daya komputer dimatikan. Memori disebuah komputer sangatlah cepat dibandingkan dengan mengakses data disebuah alat penyimpanan, seperti disket.
Jumlah memori dalam sebuah komputer mikro dapat memberikan dampak yang signifikan pada persepsi pengguna kecepatan. Komputer mikro umumnya memiliki memori sebesar 128 hingga 256 megabite, atau sekitar 256 juta bita.
3.      Ruang penyimpanan
Ruang penyimpanan untuk komputer muncul dalam banyak bentuk media yang berbeda, yang masing-masing memiliki karakteristik yang berbeda yang menjadikannya lebih sesuai untuk tugas-tugas tertentu. Ruang penyimpanan dapat berbentuk tetap atau dapat dilepas. Ruang penyimpanan tetap (fixed storage) adalah ruang penyimpanan yang terpasang secara permanen di dalam komputer. Contohnya hard drive, ruangnya sebesar 80 GB, akan tetapi dapat membeli penyimpanan hingga 500 GB.
Ruang  penyimpanan yang dapat dilepas (Removable storage) adalah ruang penyimpanan yang dapat dilepas dari satu komputer dan dipasang kembali kekomputer lain. Terdapat tiga jenis media yang berkapasitas tinggi yang layak mendapat perhatian seperti , flas drive USB, compact disc (CD), dan digital versatile disc (DVD). Flas drive USB terpasang pada port USB satandar, dan beberapa dapat menyimpan hingga 2 GB.
CD untuk komputer mikro pada awalnya menyimpan data yang hanya dapat dibaca, dan tidak dapat ditulis diatasnya. Belakangan ini ada media yang disebut dengan CD-R  tetapi hanya dapat direkam sekali dan hanya sekali itu saja. Sedangkan CD-RW dapat menerima perekaman berulang kali, filenya dapat dibaca, dihapus, dan tambahkan pada sebuah disk CD-RW. CD dapat menyimpan data hingga 800 MB, dan kecepatan pemindahan data dari CD ke prosesor dapat mencapai hampir 5 juta bit per detik. DVD dapat menyimpan 5 hingga 20 GB.
4.      Alat-alat Input (Input Devices)
Alat input adalah suatu alat yang menangkap data oleh metode manual atau merode elektronik dan mengirimkan data keruang penyimpanan atau memori. Komputer tidak akan banyak berguna tanpa alat-alat input dan output. Operasi bisnis membutuhkan sejumlah besar alat-alat input output, dan dikembangkan alat-alat untuk memenuhi kebutuhan tersebut.
Ada dua data input yaitu pertama data yang diterima dari manusia (human-captured data) mengacu pada input yang diisi oleh seseorang yang mengetik pada sebuah keyboard, menekan mouse, menyentuh monitor, berbicara ke mikrofon, atau interaksi lain yang serupa. Terdapat dua kendala bagi data yang diterima dari manusia. Pertama ,lambat. Kedua, biasanya tidak dapat mencapai tingkat akurasi yang sangat tinggi seperti data yang diterima dari mesin.
Kedua data yang diterima dari mesin (machine-captured data) yaitu data yang diterima oleh suatu alat elektronik atau mekanis. Seperti bar code pada setiap jenis produk yang dijual. Data yang diterima dari mesin lebih baik daripada data yang diterima dari manusia karena data dari komputer akan memasukan dengan data dan biaya yang relatif rendah. Dalam bisnis membutuhkan data yang akurat dalam jumlah yang besar untuk proses pengambilan keputusan. Sehingga alasan utamnya adalah kecepatan dan keakuratan proses penerimaan data.
5.      Alat-alat output (Output devices)
Alat output adalah suatu alat yang menyajikan dan atau mengirimkan data dari komputer kepada pengguna. Dua alat output yang paling dikenal adalah layar komputer, yang terkadang disebut monitor, dan printer. Meskipun konsep “kantor tanpa kertas” telah mendapat banyak perhatian, hasil output cetakan tetap merupakan fakta dari komputasi. Perubahan-perubahan penting printer terjadi dalam bidang resolusi percetakan, kecepatan pencetakan, dan warna. Printer umum dewasa ini menggunakan teknologi laser atau tinta. Printer laser pada intinya sama seperti mesin fotokopi, sedangkan printer tinta menyemprotkan tinta pada permukaan kertas.
6.      Multimedia
Evolusi utama alat input dan output adalah menuju ke arah multimedia, penggunaan lebih dari satu media pada saat yang sama. Multimedia adalah penggunaan komputer untuk menyajikan, menggabungkan teks, suara, gambar, animasi dan vidio dengan alat bantu dan koneksi sehingga pengguna dapat melakukan navigasi, berinteraksi, berkarya dan berkomunikasi. Sebagai contoh, informasi dalam bentuk teks dapat diproyeksikan kelayar komputer dengan disertai oleh suatu gambar atau video. Sebagaian besar  pengguna komputer dewasa ini tidak akan mendapat akses atas sistem imformasi komputer jika tidak tersedia multimedia.

ALAT-ALAT KOMPUTASI PRIBADI
Komputasi pribadi telah lama dihubung-hubungkan dengan komputer mikro. Bahkan,komputer mikro pada awalnya disebut komputer pribadi (personal computer). Komputer mikro saat muncul pertama kali bukan tergabung dalam suatu jaringan, dimana pengguna hanya menggunakan sumber daya ini hanya untuk keperluan komputasi pribadi. Kini masing-masing pengguna sebuah komputer mikro dapat berbagi file, dan sumber lainnya ketika terhubung oleh suatu jaringan. Alat-alat komputasi pribadi sebagai berikut:
Telepon Seluler dengan Pesan dan Video Interaktif
Perusahaan-perusahaan pembuat telepon seluler populer (Samsung, Nokia, Ericsson dan lain-lain) telah membuat telepon yang menampilkan pesan tulisan dan gambar-gambar berukuran kecil di layar tampilannya. Beberapa telepon seluler dapat menyimpan video-video pendek. Telpon seluler memiliki fitur-fitur lain yang membantu fungsi-fungsi bisnis. Seperti adanya daftar kontak yang ada dalam telpon selular yang tidak hanya mencantumkan nomor, tetapi nama, alamat, alamat e-mail, catatan dan lebih banyak lagi.
Agenda dan alrm adalah dua fitur yang membantu tujuan bisnis. Manajer dan profesional menghadiri banyak rapat, dan alarm telpon seluler bekerja seperti sebuah jam alarm yang berdering pada waktu yang telah ditentukan.
Telepon Seluler Cerdas
Telepon seluler dianggap sebagai telepon cerdas (smart phone) ketika menjalankan pekerjaan-pekerjaan yang biasanya dihubungkan dengan komputer mikro. Treo sebagai smart phone adalah bahwa ia dapat mensikronisasikan seluruh informasinya (agenda,nomor telepon,danbanyak lagi )dengan sebuah komputer mikro. Banyak model Tero maupun BlackBerry menggunakan protokol telepon seluler digital GSM (Global System of Mobile Communication). GSM adalah sebuah teknologi komunikasi selular yang bersifat digital yang banyak digunakan pada mobile komonication. GSM protokol yang paling banyak digunakan di Eropa, Asia, Afrika, dan Australia. Penggunaanya di Amerika Serikat dimulai pada tahun 2002, dan mulai menjadi standar di negara tersebut.
Jaringan Rumah
Jaringan komputer rumah telah sama populernya seperti perusahaan TV kabel dan perusahaan telepon yang memasarkan modem untuk koneksi Internet “broadband.” Jika anda memiliki TV kabel, Anda mungkin dapat membeli sebuah modem kabel sehingga Anda dapat mengakses Internet melalui kabel yang membawa sinyal TV kerumah Anda. Perusahaan telepon menjual modem DSL (digital subscriber line). Baik modem kabel maupun DSL dapat membawa akses Internet berkeceparan tinggi ke rumah Anda.
Pemasangan modem dirumah yang memiliki lebih dari satu komputer mikro memiliki gerbang berkecepatan tinggi keinternet melalui modem kabel dan DSL. Cara membagi koneksi untuk beberapa komputer yaitu dengan menggunakan sebuah router nirkabel. Modem akan tersambung ke router, dan router akan tersambung kekomputer melalui sebuah jaringan nirkabel.
Keamanan nirkabel harus memiliki jarak sekitar 100 meter didalam sebuah bangunan, karena adanya dinding dan halangan-halangan lainnya. Jarak diluar ruangan kurang lebih tiga kali lebih jauh. Ini artinya bahwa pengguna-pengguna lain dengan kartu jaringan nirkabel akan dapat terhubung kerouter jaringan nirkabel anda jika mereka tinggal atau bekerja dekat dengan anda. Sehingga ketika memasang router, kemungkinan seseorang akan memasang sandi untuk membatasi jaringan nirkabelnya.
Fitur lain yang perlu dinyalakan adalah enkripsi data yang dikirimkan diantara komputer mikro dan router nirkabel. Enkripsi adalah proses mengamankan suatu informasi dengan membuat informasi tersebut tidak dapat diabaca tanpa bantuan khusus. Data yang telah terenkripsi akan ditulis dalam kode sandi sedemikian rupa, sehingga kecil kemungkinan seseorang akan dapat membaca imformasi yang dikirimkan melalui jaringan nirkabel.

Keamanan Komputasi Rumah
Tiga aspek keamanan memiliki arti yang penting bagi komputer mikro yang digunakan dirumah dan ditempat kerja, yaitu:
a.       Pembaruan
Terdapat dua jenis perbaruan (update), yang penting bagi pengguna individu. Yaitu update untuk sistem oprasi dan untuk peranti lunak aplikasi. Microsoft Windows adalah sistem oprasi yang paling populer bagi komputer mikro. Meng-update sistem oprasi penting bagi keamanan dan efisiensi. Aplikasi peranti luank menambahkan fitur-fitur baru, jika tidak meng-update mungkin tidak dapat mempergunakannya sama sekali. Karena sistem oprasi adalah program-program komputer yang mengendalikan sumber daya peranti keras dan peranti lunak, para hacker mencoba terus menerus untuk menipu dan memasukan peranti lunak yang berbahaya kedalam komputer. Sehingga lakukanlah update sistem oprasi yang digunakan.
b.      Virus
Virus komputer adalah program-program komputer kecil yang menggandakan diri dengan memasukan diri mereka ke dalam sumber daya komputer seperti program atau file. Lama-kelamaan virus dapat mengambil alih sumber daya komputer karena begitu banyak program dan file yang terinfeksi dan tidak dapat dipergunakan kembali.  
Worm adalah file atau program yang berdiri sendiri. Pada umumnya worm ini dianggap sebagai virus, namun perbedaannya worm tidak tidak menempelkan diri pada program atau file untuk menggandakan diri atau merusaknya. Worm dapat menghapus file, mengirim e-mail dan menimbulakan masalah dengan berbagai cara. Virus ataupun worm disebarkan melalui jaringan.
Untuk menghindari hal ini yaitu dengan cara meng-install peranti lunak antivirus. Karena update peranti lunak antivirus secara rutin sama halnya seperti meng-update peranti lunak sistem oprasi.
c.       Spyware
Adalah sebuah program komputer kecil yang mengawasi apa yang sedang dikerjakan dengan sumber daya komputer. beberapa spyware membajak browser web anda dengan membawa anda ke satu situs web tertentu setiap  kali anda memasukan satu kalimat untuk mencari di web. Untuk mengetahui suatu komputer terdapat spyware atau tidaknya dengan men-download antispyware dan memeriksa komputer anda.

PERANTI LUNAK
Software atau perangkat lunak, adalah program komputer yang berfungsi sebagai sarana interaksi (penghubung) antara pengguna (user) dan perangkat keras (hardware). Terdapat dua jenis dasar peranti lunak: peranti lunak sistem dan aplikasi. Peranti lunak sistem dibutuhkan untuk menggunakan komputer,sedangkan peranti lunak aplikasi memproses data pengguna. Peranti lunak aplikasi dapat diperoleh dalam bentuk siap pakai atau dibuat sesuai pesanan untuk pengguna tertentu.
Peranti Lunak Sistem
Peranti lunak sistem (sistem software) atau yang disebut juga peranti lunak sistem operasi, menjalankan tugas-tugas mendasar yang dibutuhkan oleh seluruh pengguna dari satu komputer tertentu. Sistem operasi mengelola proses-proses komputer, dan berfungsi sebagai suatu antarmuka yang menghubungkan pengguna, peranti lunak aplikasi, dan peranti keras.
Contoh-contoh sistem operasi untuk komputer mikro adalah Windows XP dan Mac OS X. Sistem operasi untuk komputer-komputer yang lebih kecil biasanya berjalan pada lebih dari satu prosesor pabrikan, sedangkan sistem operasi untuk komputer-komputer mainframe besar, seperti OS/390 IBM, merupakan hak milik dan tidak dibagi dengan pembuat-pembuat komputer yang lain. UNIX adalah suatu sistem operasi yang tidak biasa dimana versi-versinya dapat dijalankan pada komputer mikro maupun mainframe. UNIX adalah sebuah freeware, setiap orang dapat secara gratis mempergunakan dan mengubahnya untuk memenuhi kebutuhan mereka masing-masing.
UNIX juga memiliki versi yang menjadi hak milik (atau vendor akan mengenakan biaya untuk penggunaan atau pembelian sistem operasi tersebut). Vendor menjadikan versi UNIX mereka menjadi hak milik dengan menambahkan fitur-fitur pada sistem operasi yang memperluas fitur-fitur standar versi UNIX yang gratis. Vendor-vendor ini masih mendistribusikan versi-versi gratis UNIX (yang kadang disebut versi “terbuka”) namun mereka juga secara agresif memasarkan versi-versi milik mereka di mana mereka dapat menjualnya kepada konsumen.
            Semua komputer memiliki sistem operasi, namun sistem-sistem tersebut bervariasi dalam sejumlah fungsi dasar dan dalam bagaimana fungsi-fungsi tersebut dijalankan. Sistem operasi sebuah mainframe jauh lebih rumit daripada sistem operasi komputer mikro dengan pengguna tunggal, karena mainframe harus melakukan koordinasi dengan banyak alat-alat input dan output, juga menangani beberapa pengguna sekaligus.
Peranti Lunak Aplikasi
Ada beberapa macam peranti lunak aplikasi yaitu:
1. Peranti lunak siap pakai (prewritten application software), atau kadang-kadang disebut peranti lunak off-the-shelf, diproduksi oleh pemasok dan di jual kepada pengguna. Pengguna hanya perlu menginstall peranti lunak di peranti keras mereka, dengan sedikit atau tanpa modifikasi, agar dapat dipergunakannya. Peranti lunak siap pakai memiliki dua keuntungan penting : 
Peranti lunak siap pakai telah langsung tersedia. Bisnis tidak harus menunggu programmer mengembangkannya selama tiga minggu atau enam bulan.                                                                  
  Peranti lunak siap pakai lebih mudah dari pada peranti lunak khusus.                                                 Pengguna akhir membuat peranti lunak aplikasi dalam jumlah signifikan yang dapat mereka pergunakan dalam tugas-tugas pekerjaan.
Seluruh bisnis tahu bahwa pengembangan produk memiliki biaya tetap dan juga biaya variabel. Karena biaya tetap pengembangan begitu tinggi bagi kebanyakan peranti lunak aplikasi, dibandingkan dengan biaya variabel dalam memasarkan dan mendistribusikannya, biaya akhir bagi bisnis karena mempergunakan peranti lunak siap pakai menjadi tidak begitu besar, karena biaya pengembangan akan disebat di antara banyak pengguna. Peranti lunak aplikasi siap pakai sangat menarik bagi bisnis-bisnis lebih kecil yang memiliki jumlah karyawan yang terbatas untuk menulis program-program komputer.
2. Peranti lunak aplikasi khusus (custom aplications software). Terkadang sebuah organisasi memiliki oprasi yang unik. Dalam kasus-kasus seperti ini, bisnis mungkin memiliki programer atau sekelompok programer konsultannya sendiri yang menulis peranti lunak untuk memenuhi kebutuhannya. Peranti lunak seperti ini disebut dengan peranti lunak aplikasi khusus.
3. peranti lunak yang ditulis oleh pengguna. Pengguna akhir membuat peranti lunak aplikasi dalam penjumlahan signifikan yang dapat mereka pergunakan dalam tugas-tugas pekerjaannya. Faktor-faktor yang membuat para pengguna akhir membuat aplikasi mereka sendiri adalah kecepatan kapan aplikasi tersebut dibutuhkan.
Peranan Peranti Lunak yang Mudah Digunakan Pengguna
Peranti lunak komputer yang sederhana dan penggunaannya intuitif sering kali di katakan mudah digunakan pengguna (user-friendly). Istilah ini mungkin dapat memiliki suatu konotasi negatif di mana secara tidak langsung dapat diartikan bahwa aplikasi ini telah dibuat dengan begitu sederhana sehingga semua orang dapat mempergunakannya.
Karakteristik aplikasi yang mudah digunakan adalah sebagai berikut:
·         Dialog yang dipandu untuk mengarahkan pengguna sehubungan dengan data apa yang dibutuhkan, format data yang diminta, dan masalah-masalah lainnya yang serupa
·         Menu, daftar perintahdengan langkah-langkah yang ditampilkan kebawah, dan icon: banyak cara untuk menyelesaikan tugas yang sama memberikan panduan kepada pengguna yang masih awam sekaligus pada waktu yang bersamaan memungkinkan lebih banyak pengguna yang mahir mengambil jalan singkat untuk menyelesaikan tugas
·         Pola dan formulir-formulir isian
·         Bantuan yang sensitif pada konteks. Informasi yang membantu hendaknya diberikan pada titik tertentu di mana pengguna mengalami kesulitan, yang membutuhkan program komputer untuk tetap melacak pada bagian aplikasi sebelah mana permintaan spesifik pengguna berasal
·         Antarmuka berbentuk grafis dengan cara menggunakan simbol-simbol terstandardisasi; pengguna hendaknya tidak diharapkan untuk mempelajari icon-icon baru ketika setiap aplikasi ditulis. Harus terdapat standarisasi dalam arti dan penggunaan icon serta lokasinya pada antarmuka diantara berbagai jenis aplikasi.

KOMUNIKASI
Kecepatan transmisi dapat antarkomputer yang berlangsung melalui sistem telepon publik sering kali lebih lambat dari pada ketika komputer tersambung melalui jaringannya sendiri. Alasannya adalah karena protokol untuk komunikasi sistem telepon publik dirancang untuk komunikasi suara dan kualitas serta kecepatan saluran komunikasi ini tidak harus tinggi. Protokol adalah spesifikasi dalam pemformatan data yang akan ditransfer di antara peralata komunikasi.
Koneksi Publik
Seseorang yang menggunakan sistem telepon tetap dapat memahami komunikasi. Protokol-protokol untuk sistem telepon publik dirancang untuk memenuhi kriteria minimum transmisi suara—transmisi analog bermutu rendah—dan kualitas yang dibutuhkan untuk komunikasi data secara signifikan lebih rendah dari pada yang dibutuhkan untuk transmisi data komputer. macam-macam koneksi sebagai berikut:
Modem telepon menghubungkan sekitar setengah komputer rumah ke internet pada kecepatan 56 Kbps (56.000), alat untuk menghubungkan komputer melalui saluran telpon standar.
Modem kabel memilki kecepatan 2 Mbs, yang merupakan alat yang menghubungkan ke kabel coaxial yang diberikan oleh penyedia layanan TV kabel kesebuah komputer untuk mendapatkan akses internet.kecepatan modem ini sangat bervariasi dengan kecepatan 2Mbps sebagai kecepatan yang sering kali dipublikasikan dalam iklan-iklan penyedia TV kabel.
Jaringan layanan digital terintegrasi (Integrated Services Digital Network), sebuah koneksi dengan menggunakan saluran telpon standar sebagai saluran terpisah yang masing-masing berkomunikasi pada kecepatan saluran-saluran ini digabungkan sehingga gabungan dasar “dasar” dari dua saluran akan menghasilkan kecepatan komunikasi sebesar 128 Kbps. Gabungan yang paling sering adalah 23 saluran, yang menghasilkan kecepatan komunikasi sebesar 1.5 Mbps.
Saluran berlangganan digital (Digital Subcriber Line), memiliki kecepatan 32 Mbps hal ini merupakan teknologi yang serupa dengan ISDN tetapi lebih canggih dalam mengambil kuntungan dari kemampuan kecepatan berkomunikasi saluran telepon.
Saluran Pribadi
Saluran pribadi (private line) adalah suatu sirkuit yang selalu terbuka untuk lalu lintas komunikasi Anda. Saluran pribadi yang ditunjukan untuk Anda digunakan disediakan oleh penyedia layanan yang umum, yaitu perusahaan telepon. Terdapat dua jenis saluran pribadi yang populer yaitu saluran T-1 dan T-3. Yang masing-masing memiliki kecepatan tranmisi maksimum sedikit di atas 1,5 Mbps, dan dapat mentranfer  data dengan kecepatan 43 Mbps.
Saluran T-1 dan T-3 keduannya merupakan kumpulan dari koneksi 64 Kbps diantara dua peralatan komunikasi telepon. Karena keduanya merupakan kumpulan dari koneksi tersebut maka salurannya dapat dikomplekskan. Jadi mereka dapat dipecah menjadi jalur-jalur komunikasi yang terpisah. Saluran T-1 sering digunakan oleh organisasi bisnis dengan lalu lintas komunikasi data yang tinggi, sedangkan saluran T-3 biasanya digunakan untuk para penyedia layanan.
Jaringan Pribadi Maya (Virtual Private Networks)
Saluran pribadi mahal biayanya, paling tidak jika dibandingkan dengan koneksi Internet. Saluran pribadi lebih aman, karena data organisasi Anda adalah satu-satunya data yang berada pada saluran komunikasi. Untuk menikmati keamanan dan kecepatan saluran pribadi namun tetap dapat menggunakan jaringan internet yang berbiaya rendah yaitu dengan VPN. Jaringan Pribadi Maya (Virtual Private Networks—VPN) untuk mengimplementasikanya, organisasi perlu mengadakan kontrak dengan penyediaan layanan  Internet yang menggunakan peranti lunak tunneling. Microsoft dan Cisco Syistem, sebagai dua vendor utama peranti keras komunikasi dan peranti lunak-peranti lunak terkait mendukung peranti lunak tunneling.

Komunikasi-Jaringan
Peranti lunak tunneling hanya mnciptakan seperangkat lokasi-lokasi perantara peralatan telepon yang akan mnyelenggarakan transfer komunikasi data tertentu. Privasi tetap dijaga karena tunnel tersebut tidak dibuat kecuali jika komputer pengirim dan penerima saling mengonfirmasikan kebenaran masing-masing.
International organization for standardization didirikan pada tahun 1946; organisasi ini menciptakan arsitekture standar Interkoneksi Sistem Terbuka (Open Systems Interconnection—OSI) bagi koneksi-koneksi jaringan. OSI terdiri atas tujuh model lapisan yang ditampilkan dalam tabel dibawah ini:
LAPISAN
NAMA LAPISAN
TUJUAN
7
Lapisan Aplikasi
Melaksanakan komunikasi aplikasi ke aplikasi
6
Lapisan Presentasi
Mengelola konversi penyajian data
5
Lapisan Sesi
Membuat dan memlihara saluran komunikasi
4
Lapisan transfor
Menjamin integritas pengiriman data dari ujung ke ujung
3
Lapisan jaringan
Mengedarkan data dari satu alamat jaringan ke alamat jaringan yang lain
2
Lapisan link data
Memindahkan data dari satu alamat jaringan ke alamat jaringan yang lain
1
Lapisan fisik
Menyimpan dan mengambil data dari media jaringan

            Selain standar bagi arsitektur jaringan, dibutuhkan pula suatu protokol.
Protokol untuk Komunikasi Komputer
            Komputer pada awalnya tidak dirancang untuk  berbagi data dengan komputer lain, dan hanya dengan terminal-terminal. Terminal adalah suatu alat yang tidak memilki ruang penyimpanan atau prosesor, terminal hanya menyediakan alat memasukan dan menampilkan data bagi komputer. IBM menyadari keterbatasan komunikasi ini sebagai suatu masalah, khususnya karena perusahaan tersebut ingin menjual beberapa komputer kepada satu perusahaan. Sebagai tanggapan atas keterbatasan komunikasi ini, IBM dan perusahaan-perusahaan lain mulai mengembangkan protokol komunikasi.
            IBM menciptakan System Network Architecture sebagai satu protokol miliknya pada tahun 1974. Protokol ini dirancang untuk komputer-komputer besar, bukan komputer mikro. IBM juga menyadari bahwa tidak semua pelanggannya mampu  atau ingin mengeluarkan biaya tambahan untuk mengendalikan peranti keras. Kemudian perusahaan mulai mengembangkan protokol miliknya yang tidak mengandalkan diri pada satu komputer induk untuk mengendalikan komunikasi kekomputer-komputer lain, melainkan yang akan memperlakukan komputer lain sebagai sesama (peer).
            Protokol peer to peer memungkinkan setiap komputer untuk bertindak sebagai pengendali dirinya sendiri. IBM menamakan protokol ini lingkaran tanda (token ring), karena satu tanda token logis akan diedarkan diantara sesama komputer. komputer yang memegang token adalah komputer yang diperbolehkan untuk mengendalikan komunikasi.
            Xerox mengembangkan satu arsitektur komunikasi peer-to-peer  yang berbeda pada awal tahun 1970-an, dan dengan bekerja sama dengan intel dan digital equipment corporation, mengeluarkan Ethernet. Ethernet adalah suatu protokol terbuka bagi kiomunikasi peer-to-peer. Berbeda denga token ring milik IBM, Ethernet bekerja dijalur tranmisi tunggal, tidak ada token yang diedarkan untuk menentukan komputer mana yang mengendalikan media komunikasi.

Paket
Paket data adalah satu bagian dari data total yang akan dikomunikasikan, digabungkan dengan alamat komputer yang dituju, komputer pengiriman,dan informasi kendali lainnya. Salah satu protokol penggantian paket yang lebih penting adalah transmision control protokol.
Alamat Jaringan Internet                                                                  
Untuk menjalankan paket-paket melalui jaringan, setiap komputer yang menangani paket data harus memiliki suatu alamat yang unik. ketika menjalankan paket-paket di Internet maka akan dipergunakan alamat IP. Alamat IP adalah empat bagian kumpulan angka (yang masing-masing antara 0 hingga 255), yang dipisahkan oleh titik. Bagian-bagian alamat tersebut akan menunjukkan jaringan, host, subjaringan, dan komputer yang sedang dituju, sebagai contoh, alamat IP untuk University of North Carolina di Wilmington adalah 152.20.9.40.

JENIS-JENIS JARINGAN
Meskipun banyak pengguna merasakan sepertinya hanya terdapat satu jaringan, yaitu Internet, terdapat beberapa jenis jaringan yang membangun blok-blok yang bergabung dan memungkinkan terjadinya Internet. Internet itu sendiri hanyalah satu jaringan dari jaringan-jaringan lain.
Memahami bermacam-macam jenis jaringan merupakan hal penting, karena masing-masing dapat memainkan peranan yang berbeda dalam strategi komunikasi perusahaan. Bermacam-macam jenis jaringan secara efektif dapat membagi-bagi komunikasi. Sebagai analoginya adalah tata ruang gedung yang di tempati oleh sebuah perusahaan.
            Untuk dapat dimasukkan ke dalam suatu jaringan, setiap peralatan-setiap komputer, printer, atau alat-alat lain yang serupa harus terpasang pada media komunikasi melalui kartu antarmuka jaringan. Kartu antarmuka jaringan atau  network interface card (NIC) bertindak sebagai suatu perantara diantara data yang bergerak menuju dan dari komputer atau peralatan lain dan jaringan.
Jaringan Area Lokal (Local Area Networks)
            Jaringan Area Lokal atau Local Area Networks (LAN) adalah sekelompok komputer dan alat-alat lainnya (seperti printer) yang terkoneksi oleh suatu media yang sama. Media ini biasanya berupa kabel tembaga, namun dapat berupa nirkabel, serat optik, atau media-media lainnya. LAN biasanya menggabungkan komputer-komputer yang secara fisik berdekatan, seperti berada di ruangan atau gedung yang sama. Hanya komputer dan alat-alat lain dalam jumlah yang terbatas yang dapat terhubung ke satu LAN.
            Sebagai aturan umum, LAN mencakup jarak total sebesar kurang dari satu setengah mil, dengan jarak diantara kedua alat tidak lebih dari 60 kaki. Jarak ini hanya merupakan panduan, karena spesifikasi yang dikarenakan oleh jenis media komunikasi, NIC yang digunakan, dan peranti lunak LAN akan menentukan jarak nyata yang dibutuhkan. Kecepatan data transmisi saat ini di dalam LAN biasanya berjalan dari 10 juta hingga 1.000 juta bit per detik (10 Mbps hingga 1 Gigabit per detik). LAN hanya menggunakan media jaringan pribadi: LAN tidak memindahkan data melalui sistem telepon publik.
            Peranti keras jaringan komunikasi
NAMA
URAIAN
HUB
Alat yang menerima paket data dari sebuah komputerpada satu ujung jari-jari top[ologi bintang dan menyalin isinya kepada seluruh alat yang lain.
REUTER
Alat yang menghubungkan LAN. Router tidak hanya memancarkan kembali data tetapi juga mengolah informasi pengendali yang dimuat dalam paket-paket komunikasoi agar menentukan LAN mana yang akan menerima data.
SWITCH
Switch menyaring data dari satu jalur jaringan ketika jalur tersebut tidak akan berisi computer yang dituju. Sebagai hasil dari penyaringan akan menghilangkan lalu lintas data yang tidak perlu untuk menjadikan komunikasi lebih efisien.

Jaringan Area Metropolitan dan Jaringan Area Luas
            Jaringan Area Metropolitan atau metropolitan area network (MAN) adalah suatu jaringan yang memiliki batas jarak fisik sebesar kurang lebih 30mil. Jarak yang di jangkau ini membedakan MAN dari LAN. Secara konsep, MAN mungkin merupakan jaringan yang menghubungkan seluruh suite di dalan gedung ( seluruh departemen). Menghubungkan beberapa gedung dari satu organisasi bersama, seperti bangunan-bangunan dalam kampus sebuah universitas, adalah aplikasi umum dari MAN.
Jaringan area luas atau wide area network (WAN)
            Digunakan untuk menghubungkan komputer-komputer dan alat-alat lainnya ketika jaraknya melebihi batasan LAN dan MAN. WAN menggunakan satu carrier umum, sistem telepon publik. Dengan koneksi Internet yang semakin meluas, minat akan WAN pun menurun. Untuk tujuan kepraktisan, WAN telah digantikan oleh Internet.
Internet
Internet telah memberikan dampak yang jauh lebih besar pada komunikasi berbasis komputer dari pada perkembangan yang lain, dan ia juga telah memunculkan aplikasi-aplikasi khusus lainnya seperti intranet dan ekstranet. Sederhananya, internet hanyalah sekumpulan jaringan yang dapat disatukan bersama. Jika memiliki satu LAN dinsatu suit kantor dan LAN disuit kantor lainnya , ana dapat menggabungkan keduannya, sehingga mencipatkan suatu internet.
Intranet
Organisasi dapat membatasi akses kejarinagn mereka hanya kepada anggota-angota organisasi dengan menggunakan intranet. Intranet menggunakan protokol jaringan yang sama dengan internet. Namun membatasi akese kesumber daya komputer hanya pada sekelompok orang terpilih didalam organisasi.
Ekstranet
Beberapa pengguna dalam suatu jaringan yang memilki otorisasi bisa jadi berada diluar batas perusahaan. Koneksi kepengguna di luar perusahaan kemungkinan besar akan dapat dilakukan melalui internet. Ketika intranet diperluas untuk mencakup pengguna-pengguna diluar perusahaa, maka disebut sebagai ektranet.
KONVERGENSI KOMPUTASI DAN KOMUNIKASI
Alat-alat komputasi dan alat-alat komunikasi kini saling menyertakan fitur-fitur yang dimiliki diantara keduanya. Kemungkinan-kemungkinan yang ada dibatasi oleh usia baterai, kecepatan komunikasi, dan keamanan, ukuran tampilan dan keyboard, serta imajinasi pengguna. Semua komputasi akan dikerjakan oleh prosesor komputer yang ter dapat di dalam telepon Anda
            Voic over internet protocol adalah perlewatan komunikasi suara melalui internet laksana komunikasi digital. Setiap sinyal suara yang dapat digitalisasi dan dikirimkan melalui internet dan dimaiknkan kembali pada pengeras suara.












BAB III
PENUTUP
Kesimpulan
            Komponen perangkat keras computer terdiri dari prosesor, memori, ruang penyimpanan alat input, alat outputdan alat input/output. Alat-alat komputasi pribadi adalah telpon selular dengan pesan video interaktif, telpon selular cerdas, jaringan rumah,
            Perangkat lunak terdiri dari peranti lunak sitem dan peranti lunak aplikasi, yang terbagi menjadi bebrapa bagian yaitu siap pakai, khusu dan ditulis oleh pengguna. Jenis-jenis jaringan komputasi Lokal Area Network, Metropolitan Area Network, dan Wide area network.
Dengan adanya sumber komputasi maka komunikasi pun berjalan. Dengan adanya jaringan-jaringan para manajer dapat mengunakan waktunya secara efektif dan efisien khususnya dalam pengambilan keputusan yang akurat dan tepat. Komunikasi membutuhkan standar karena berbagai perusahaan peranti keras komputerdan telepon harus mempunyai penyajian data yang sama dan dapat dipahami disepanjak pergerakan media komunikasi. Untuk mencapai komunikasi yang baiok maka dari sumber komputasi harus memilki alat-alat yang cepat, dan aman.






DAFTAR PUSTAKA
BUKU SIM RAYMOND DAN GEORGE
HEHE


2 komentar:

  1. hhhhhmmmmmmmm
    dah jadi programmer kya.a nh,,,,,,
    ane kalah,,,,,, hahahhahhah
    thanks share nyo...

    BalasHapus